Sudah Tau Apa Itu Greenhouse ? Yang Belum Tau Cek Disini Gan..

Discussion in 'General Business' started by Muhamad Daniel, Feb 14, 2019.

  1. Muhamad Daniel

    Muhamad Daniel New Member

    Joined:
    Feb 8, 2018
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Para penggiat tanaman pastinya kenal dengan greenhouse. Greenhouse ( rumah hijau/rumah kaca) adalah rumah untuk tanaman dengan membangun kondisi optimal yang yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh. Greenhouse adalah rumah atau tempat budidaya penanaman hidroponik dalam jumlah yang cukup banyak. Suhu, kelembaban, cahaya, kadar asam dan lain sebagainya dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai habitat tanaman aslinya.

    Biasanya greenhouse menggunakan atap dan dinding dari kaca. Namun agar lebih menghemat biaya ditemukan alternative yaitu rumah dengan plastik karena plastik mudah didapatkan dan harganya lebih murah.

    [​IMG]

    Salah satu tipe rumah plastik yang paling terkenal adalah yang menggunakan paranet shading net. Rumah ini tidak memiliki atap khusus dan tidak memerlukan dinding yang pastinya tidak memerlukan biaya lebih. Bahan untuk membuat shading house (rumah naungan) menggunakan Net (jarring). Net memiliki berbagai nama yaitu paranet, agronet, multinet, polinet Dll. Paranet adalah nama yang paling terkenal.

    [​IMG]

    Fungsi paranet adalah sebagai alat untuk menaungi tanaman yang tidak menyukai dari intensitas cahaya matahari yang tinggi. Tanaman tersebut seperti sawi, tomat, strawberry dan bunga seperti anggrek. Penaung ini juga disebut sebagai paranet anggrek. Penggunaan paranet sebagai naungan dapat mengontrol jumlah intensita cahaya matahari yang dibutuhkan oleh tanaman.
    [​IMG]
    Paranet umumnya berbahan polietilent berbentuk anyaman jarring. Bahan polietilent biasanya berasal dari nylon (senar) atau plastic. Ada beberapa jenis paranet yang menggunakan kawat baja namun jarang ada peminatnya karena mudah berkarat dan memeiliki jarak antar lubang yang lebar saat dianyam.

    Kerapatan paranet yang umum di jumpai adalah 40%, 50%, 55% hingga 90%. Kerapatan paranet tersebut menunjukan kemampuan untuk menahan intensitas cahaya matahari yang mengenai tanaman. Semakin besar presentase semakin rapat anyaman paranetnya, jadi jika anda hendak membelinya cek kebutuhan intensitas cahaya tanamannya karena setiap tanaman berbeda kebutuhannya.

    Contohnya seperti tanaman vanda yang membutuhkan intensitas cahaya optimal sekitar 20%-30%, berarti paranet yang dibutuhkan untuk menaunginya adalah 75%-90%. Paranet 75% menahan intensitas cahaya matahari sedemikian sehingga cahaya yang diterima tanaman vanda hanya 25% cahaya. Untuk tanaman tembakau memerlukan paranet 30%-40% dan tanaman kopi membutuhkan paranet 60%-75%.

    Selain paranet, Net juga ada yang bernama agronet. Agronet memiliki daya tahan yang lebih kuat tidak mudah putus dibanding paranet. Dibuat dari benang monofilament anti UV, tidak menyerap air sehingga tidak bertambah berat saat terkena air dan tidak mudah luntur akibat terpaan sinar matahari dan air hujan.
     
    Last edited: Feb 14, 2019


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page