Tanda Jerawat Mau Sembuh

Discussion in 'Health & Beauty' started by Aprilia, May 20, 2019.

  1. Aprilia

    Aprilia New Member

    Joined:
    Apr 22, 2019
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Location:
    Jakarta
    [​IMG]
    Ketika mengalami jerawat mulai muncul dan tumbuh di wajah, seringkali kita gemas dan tidak sabar untuk memencetnya. Padahal dengan memencet jerawat menimbulkan efek samping yang tidak baik. Jerawat yang dipencet tersebut akan meninggalkan noda hitam membandel yang sulit hilang dan jaringan kulit akan rusak karena proses penyembuhan jerawat yang dipaksakan. Untuk itu, penting buat Anda mengenali ciri-ciri jerawat yang akan sembuh. Jangan sampai Anda sembarangan memencet jerawat dan menimbulkan efek yang lebih buruk lagi nanti. Apa saja ciri-ciri jerawat akan sembuh? Yuk kita simak ulasan berikut ini.

    1. Jerawat Berhenti Membesar

    Kondisi jerawat yang masih belum matang akan terus membesar dan tumbuh. Awalnya jerawat hanya berbentuk tonjolan kecil di bawah kulit, akan tumbuh dan lama kelamaan berisi cairan. Pada tahap awal, jerawat membesar dan kaku, belum berisi cairan. Bila jerawat telah berhenti membesar, jerawat akan timbul peradangan.

    2. Warna Jerawat Mulai Memerah
    Jerawat yang sudah membesar selanjutnya akan memerah. Tahap ini jerawat akan terasa nyeri dan sakit jika dipegang. Jerawat yang mulai memerah menunjukkan bahwa jerawat sudah mulai matang.

    3. Jerawat Berisi Cairan Darah Atau Nanah
    Setelah jerawat membesar dan memerah, jerawat akan meradang. Peradangan pada jerawat ini ditandai dengan tekstur jerawat yang mulai melunak. Beberapa hari kemudian jerawat akan diisi dengan cairan yang berupa darah atau nanah.

    4. Jerawat Meletus Dan Mengeluarkan Cairan
    Tanda inilah yang semakin mendekati jerawat sembuh. Jerawat dan sudah matang akan meletus dengan sendirinya. Proses jerawat matang hingga meletus membutuhkan waktu beberapa saat. Nah pada fase ini sebagian orang banyak yang tergoda untuk memencetnya. Sebaiknya hidari memencet jerawat karena bisa meninggalkan bekas yang susah hilang.

    5. Jerawat Mulai Mengecil Dan Mengering
    Jika semua isinya keluar, jerawat yang tadinya besar akan semakin mengecil. Selanjutnya jerawat akan mengering dan lepas dengan sendirinya. Jerawat yang dibiarkan sembuh sesuai prosesnya tidak akan meninggalkan bekas noda hitam pada wajah.

    Fase Pertumbuhan Jerawat
    Jerawat yang mulai sembuh adalah tahap akhir dari proses pertumbuhan jerawat. Agar lebih jelas, Anda perlu memahami fase-fase apa saja yang dilalui jerawat mulai dari terbentuk hingga sembuh. Ini penting lho buat Anda yang punya kulit berjerawat.

    Fase 0
    Pada fase ini muncul bintik-bintik kecil pada wajah. Sebenarnya bintik-bintik kecil ini tidak perlu dikhawatirkan. Belum tentu bintik-bintik tersebut adalah bibit jerawat. Tunggu hingga 1 atau 2 hari. Jika bintik-bintik ini bukan jerawat, maka akan hilang dengan sendirinya.

    Fase 1
    Pada tahap ini, akan muncul komedo putih atau whitehead. Whitehead muncul pada titik dimana jerawat akan tumbuh. Hidung, pipi, jidat, atau dagu. Komedo tidak terasa nyeri dan sakit, namun keesokan harinya akan muncul titik hitam. Jangan menyentuh atau memencet jerawat pada fase ini karena akan menimbulkan peradangan yang bisa menyebabkan luka pada kulit.

    Fase 2
    Bintik jerawat akan semakin membesar dan muncul papula. Papula adalah luka yang berbentuk kecil dan padat. Jerawat pada kondisi ini masih tergolong ringan. Dengan pengobatan yang tepat, jerawat akan berhenti tumbuh dan membesar.

    Fase 3
    Pada fase ini jerawat mulai meradang dan memerah. Jika sudah sampai pada fase ini, biarkan jerawat tumbuh hingga matang. Pengobatan yang salah bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Pengobatan jerawat yang mulai meradang membutuhkan bantuan medis yang tepat.

    Fase 4
    Jerawat memasuki fase puncaknya. Nanah dan darah mulai mengisi benjolan jerawat. Pada ujungnya, terdapat titik putih. Fase ini juga menandakan jerawat akan segera sembuh.

    Fase 5
    Fase ini adalah fase yang paling parah, karena nanah telah menjadi satu dengan kotoran, sebum, dan sel kulit mati. Gumpalan ini akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri di kulit.

    Fase 6
    Jerawat akan semakin memerah, dan bisa meletus kapan saja. Jangan menyentuh atau memencet jerawat pada fase ini karena bisa menyebabkan infeksi.

    Fase 7
    Jerawat telah pecah dan meninggalkan bekas. Biarkan bekas jerawat sembuh dengan sendirinya. Menyentuh dan memencet jerawat akan meninggalkan flek hitam yang sulit hilang. Penanganan yang salah terhadap jerawat juga bisa menyebabkan munculnya jaringan parut permanen pada kulit.

    Sumber: Klinik Eva Mulia
     


  2. Basri Abdullah

    Basri Abdullah New Member

    Joined:
    Jan 10, 2019
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Saat di fase 6 & 7 biasanya tangan jadi gratilan, mau mencet jerawat biar cepat sembuh. ternyata itu gak baik dilakukan ya, ternyata bisa menyebabkan infeksi sekunder. makasih infonya
     
Loading...

Loading...

Share This Page