Teknik Berbicara Praktisi Pr

Status
Not open for further replies.

Melly Triana

New Member

Menjadi seorang public relation di sebuah perusahan tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Karena pekerjaan seorang public relation itu hanya satu hal, dan itu sangat mudah, yakni berkomunikasi. Namun bagi yang belum terbiasa melakukan komunikasi dengan baik, maka bisa jadi pekerjaan seorang public relation itu sangat sulit dan berat, padahal pekerjaannya adalah kegiatan yang sehari – hari kita lakukan yaitu berbicara.

Akan tetapi, seorang praktisi pr tidak hanya asal berbicara, tentunya ada bebera teknik yang harus diperhatikan ketika berkomunikasi sebagai seorang public relation, di antaranya adalah :
1. Berbahasa yang baik dan benar

Dalam berkomunikasi, tentunya bahasa adalah kunci utama yang digunakan. Maka dari itu penggunaan bahasa yang baik dan benar akan semakin mempermudah komunikasi. Selain itu bahasa yang baik dan benar juga akan melahirkan suatu nilai sopan dan santun.

Oleh karena itu, ketika anda hendak menggunakan suatu bahasa ketika berkomuniaksi, sejatinya anda perhatikan bagaimana penggunaan bahasa tersebut yang baik dan benar, supaya ketika berkomunikasi anda tidak melakukan kesalahan yang fatal, apalagi bagi seorang public relation, kesalahan berbicara maka akan menyangkut nama baik dirinya dan nama baik perusahaan yang ditanganinya.

2. Perhatikan lawan bicara

Ketika seorang pr berkomunikasi, maka hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah melihat siapa lawab yang ia ajak komunikasi. Jika lawan bicaranya pihak internal perusahaan, mungkin ia bisa melakukan komunikasi yang sesuai dengan standar perusahaan, akan tetapi jika lawan bicaranya adalah pihak eksternal, dengan berbagai pemahaman, latar belakang usia dan pendidikan, maka seorang public relation harus mampu menyesuaikan gaya bicara dan jenis bahasa yang digunakannya, supaya komunikasi yang terjalin bisa lancar dan menyenangkan kedua belah pihak.

3. Sikap berbicara

Tentunya ketika berkomunikasi tidak hanya mengenai pembicaraan saja, akan tetapi juga sikap berbicara seorang pr harus mampu membuat suasana pembicaraan menjadi nyaman dan tidak menyinggung, serta harus dapat dimengerti dan diterima oleh lawan bicaranya.

Itulah teknik – teknik yang harus diperhatikan ketika seorang praktisi pr berkomunikasi dalam pekerjaannya.​
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top