Tips Merawat Furniture Dari Kayu

Discussion in 'General Lifestyle' started by lukmanhk, Oct 23, 2017.

  1. lukmanhk

    lukmanhk New Member

    Joined:
    Apr 21, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Rumah tidak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan furniture. Selain mengisi kekosongan rumah, furnitur memiliki fungsi seperti sebagai tempat untuk duduk, tempat untuk menyimpan barang, dan lain sebagainya. Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur rumah, salah satunya kayu. Kayu banyak digunakan untuk furnitur rumah yang memberikan kesan klasik dan elegan. Namun, furnitur dari kayu membutuhkan perawatan yang khusus agar kualitas kayu tetap terjaga. Jika furnitur kayu tidak dirawat dengan tepat, maka furnitur tersebut bisa ditumbuhi jamur, dimakan oleh rayap, retak, hingga hancur.

    [​IMG]
    [​IMG]
    Untuk merawat furnitur dari kayu bisa dilakukan dengan memerhatikan peletakan dari furnitur tersebut. Furniture yang terbuat dari kayu sebaiknya diletakkan di tempat dengan suhu udara dan kelembaban yang normal. Jika diletakkan di tempat yang suhu udaranya tinggi atau terpapar sinar matahari secara langsung, maka furnitur kayu tersebut rentan mengalami keretakan, penyusutan ukuran, serta warna cat atau peliturnya yang mudah luntur. Sebaliknya, jika furnitur kayu diletakkan di tempat dengan tingkat kelembaban yang tinggi, maka furnitur tersebut akan menjadi tempat perkembangbiakan jamur yang dapat mengeroposkan furnitur kayu.

    Cara perawatan furnitureyang terbuat dari kayu bisa diperhatikan dari cara pemindahan furnitur tersebut. Hampir semua orang yang memiliki furnitur dari kayu akan memindahkan furniturnya dengan cara menarik atau menyeret. Padahal memindahkan furnitur kayu dengan cara ditarik atau diseret dapat menggores permukaan furnitur kayu. Goresan ini disebabkan oleh gesekan yang terjadi antara permukan kayu dengan lantai. Selain itu, menyeret dan menarik kursi kayu bisa memicu kerusakan pada sambungan kursi. Bisa-bisa sambungan kursi tersebut mengendur dan terlepas. Untuk memindahkan furnitur kayu yang benar bisa dilakukan dengan cara mengangkat furnitur kayu tersebut dan memindahkannya dengan hati-hati. Jangan sampai terjadi gesekan antara permukaan furnitur kayu dan lantai atau dinding selama proses pemindahan furnitur. Untuk mengurangi risiko permukaan furnitur kayu tergores, gunakan alas pada bagian furnitur kayu yang berkontak langsung dengan lantai atau dinding. Alas tersebut bisa berupa kain taplak untuk melindungi bagian atas furnitur kayu dan karpet untuk melindungi bagian bawah furnitur kayu.

    Perawatan furnitur kayu juga melibatkan cara membersihkan furnitur tersebut. Perlu diketahui bahwa furnitur kayu rentan terhadap noda, misalnya noda air yang berasal dari gelas atau piring yang diletakkan di atas meja. Jika terdapat noda air pada meja kayu, maka segeralah lap hingga kering noda tersebut. Jangan biarkan noda air tersebut mengering dengan sendirinya karena bisa merusak tekstur dari kayu. Selain itu, untuk mendapatkan furniture dari kayu dengan desain yang elegan, kualitas terbaik, dan harga terjangkau bisa kunjungi OscarFurniturestore. merupakan salah satu situs ecommerce toko furniture lengkap yang cukup dikenal di seluruh wilayah Jakarta. Bagi yang tinggal di perkotaan jakarta langsung bisa pesan pembelian secara online.
     


  2. singbeling

    singbeling Member

    Joined:
    Nov 3, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    punya tips berburu harga triplek yang murah tapi berkualitas enggak gan?hehehehe
     
    Last edited: Mar 22, 2018
  3. ofgo123

    ofgo123 Member

    Joined:
    Feb 15, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Office Supplies and stationery company
    Location:
    Jl. Kebahagiaan Jakarta Barat
    Yang penting jangan sampai mudah lembab karena itu bisa memicu tumbuhnya jamur. Sering dibersihkan dan dilap juga. Terutama untuk furniture kayu yang dipakai untuk bekerja di kantor, harus betul-betul kering dan berkualitas supaya bisa dipakai berkelanjutan dan bekerja jadi bisa lebih nyaman :D
     

Artikel Sponsor

loading...

Loading...

Share This Page