Wow, Merekonstruksi Sang Legenda Lamborghini Countach LP 500

Status
Not open for further replies.

Kukuh_03

New Member
Wow, Merekonstruksi Sang Legenda Lamborghini Countach LP 500

Setelah debutnya di Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Lamborghini Countach LP 500 yang dihadirkan di arena balap Vizzola Ticino menyedot perhatian kolektor dan pemasok yang berpartisipasi dalam yang rekonstruksinya.

Lamborghini Countach LP 500, yang purwarupanya debut perdana di Geneva Motor Show 1971, menandai awal dari kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mengubah arah sejarah Automobili Lamborghini selamanya.

Kala itu, prototipe-nya diterima dengan sangat baik sehingga perusahaan berpacu dengan waktu untuk memenuhi permintaan pelanggan dan mengubah mobil pameran futuristik menjadi mobil produksi.

Proyek Countach, diresmikan di ruang Carrozzeria Bertone saat stan Lamborghini menampilkan Miura SV. Presentasi ganda itu diklaim sebagai pernyataan inovasi dan kecakapan produksi. Proyek ini memiliki nomor kode internal LP112.

LP adalah singkatan posisi membujur belakang (longitudinale posteriore dalam bahasa Italia) dari mesin 12 silinder. Ini berasal dari keinginan Ferruccio Lamborghini dengan maksud untuk mempertahankan citra perusahaan di garis depan gaya dan teknologi mengikuti Miura.

Bertanggung jawab atas bagian mekanik Countach adalah insinyur Paolo Stanzani, pada waktu itu General Manager dan Direktur Teknis Lamborghini. Sementara garisnya yang indah, bersih, dan futuristik, termasuk pintu gunting yang sejak itu menjadi ciri model Lamborghini V12, ditata oleh Marcello Gandini, Direktur Desain Carrozzeria Bertone.

LP 500 adalah mobil yang sangat berbeda dari Countach yang akan mulai diproduksi pada 1974. Itu memiliki kerangka platform daripada yang berbentuk tabung, dilengkapi dengan mesin 4971cc 12 silinder (satu jenis), mesin udara intake memiliki desain insang hiu, dan di dalamnya menampilkan instrumentasi elektronik yang canggih.

Menyusul kesuksesan LP 500 di Jenewa, kepala test driver Lamborghini Bob Wallace menggunakan mobil tersebut, yang dilengkapi dengan mesin 4 liter yang lebih andal, untuk setiap jenis tes jalan yang memungkinkan. Mobil yang luar biasa ini tamat riwayat pada awal 1974, ketika digunakan untuk uji tabrak guna homologasi mobil produksi.

Baca : Memaknai L'Aventure Peugeot di Epoqu'Auto Salon

Pada periode 1974-1990, sebanyak 1.999 Countachs dalam lima seri berbeda diproduksi, mempesona dan mempesona seluruh generasi, ditakdirkan untuk masuk secara permanen ke aula legenda.

Sebagai bagian dari kolaborasi dengan Automobili Lamborghini, Pirelli menyediakan sirkuit Vizzola Ticino, di mana Polo Storico memiliki kesempatan untuk menguji LP 500 hasil rekonstruksi, sebelum presentasi resminya di Villa d'Este.

Di tempat ini pula uji jalan dilakukan untuk memvalidasi pekerjaan restorasi mobil klasik Lamborghini sebelum dikembalikan ke pemiliknya. Lokasi trek juga dipilih untuk secara resmi mempresentasikan mobil kepada kolektor, memungkinkan mereka mengalami emosi beberapa putaran di sekitar sirkuit.

“Tes dan penggeledahan di trek menegaskan bahwa Countach LP 500, selain cantik, juga fungsional," ujar Giuliano Cassataro, Head of Service and Polo Storico, seperti dikutip dalam keterangan pers Lamborghini, Senin (25/11/2021).

Ukuran ban yang lebih besar dibandingkan dengan ban standar LP 400 (40 milimeter lebih di depan dan 50 di belakang) memberikan mobil ini estetika yang menarik dan proporsional, yang membuatnya tetap sangat modern bahkan setengah abad sejak debut aslinya.

"Kami merasa penting untuk merayakannya bersama dengan pelanggan, dan juga berbagi kegembiraan melihatnya bergerak dengan pemasok yang menginvestasikan begitu banyak jam kerja dalam pembuatannya,” ujarnya.

LP 500 dipajang hingga 15 November di Museum Mudetec di Sant'Agata Bolognese. Sasis tubular telanjang dari LP 400, LP 400 produksi kedua, dan 5000 Quattrovalvole yang disajikan bersama prototipe Countach pertama, menciptakan perjalanan pengunjung untuk menemukan 50 tahun sejarah yang melekat pada model legendaris Lamborghini.

Lamborghini berupaya melestarikan identitas bersejarah perusahaan dari Sant'Agata Bolognese dengan mendirikan divisi Polo Storico, yang diresmikan pada 2015, termasuk bertanggung jawab sertifikasi dan restorasi semua mobil Lamborghini yang diproduksi hingga 2001.

Untuk tujuan ini, Polo Storico mengawasi pelestarian dan perolehan sumber baru untuk arsip perusahaan, yang memungkinkan untuk membangun dan melestarikan nilai semua Lamborghini klasik. Oleh karena permintaan penggemar Lamborghini klasik, divisi ini juga memproduksi suku cadang yang tidak lagi tersedia di pasaran.

Sumber : https://bisnisindonesia.id/article/m...ountach-lp-500
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top