8 Jenis Kertas Yang Sering Digunakan Dalam Percetakan / Printing

Discussion in 'Berita dan Informasi' started by YOYO, Feb 13, 2018.

  1. YOYO

    YOYO New Member

    Joined:
    Sep 23, 2017
    Messages:
    332
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Apakah anda salah satu orang yang memanfaatkan kemajuan digital dalam peluang usaha bisnis percetakan yang sedang anda jalani ? Jika benar, usaha digital printing apa yang anda jalani, apakah jasa cetak sticker berkualitas, jasa sablon kaos custom, jasa cetak souvenir satuan, atau jasa percetakan lainnya ? Didalam bisnis digital printing bahan/ media yang digunakan tidak hanya menggunakan tinta saja, tetapi juga membutuhkan kertas khusus loh ! Dimana kertas tersebut memiliki banyak jenis yang sesuai kebutuhan para pemangku usaha. Dan inilah informasi penting tentang 8 jenis kertas yang sering digunakan pada dunia percetakan/ printing.

    Kertas 3G Opaque
    Produk terbaru transfer paper untuk printer inkjet, hasilnya lebih halus dan lebih menyatu pada kain dibanding transfer paper merk lain yang ada dipasaran,transfer paper ini dapat diprint dengan printer desktop / inkjet berbasiskan tinta pigment ataupun dengan tinta Eco-Solvent, tinta lebih cepat mengering dan meresap dengan kuat pada transfer paper sehingga mengurangi resiko luntur.

    Kertas Sublime
    Kertas yang biasa digunakan sebagai media transfer dari gambar ke barang-barang souvenir seperti (topi, mug, piring kaos dll). Kertas sublime / sublime paper ini cocok sekali digunakan, karena mampu memindahkan tinta secara maksimal pada media dengan warna yang lebih colour full.

    Kertas HVS
    Kertas yang terbuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mudah berubah warna (kekuningan) meskipun diletakkan dibawah sinar matahari/ lampu. Biasanya kertas HVS digunakan dalam percetakan khususnya fotocopy/ print.

    Kertas Art Carton
    Kertas ini memiliki permukaan yang halus, licin dan sedikit tebal. Biasanya digunakan untuk jasa cetak brosur seperti (cover buku, kartu nama, katalog).

    Kertas Art Paper
    Kertas ini memiliki permukaan yang sedikit licin tetapi hasil cetak yang dihasilkan bagus karena kertasnya yang halus. Dan tinta yang cocok digunakan untuk cetak adalah tinta art paper yang di desain khusus untuk head printer Epson.

    Bontaks
    Jenis kertas ini sering digunakan untuk cetak sticker pada kemasan suatu produk. Biasanya jenis kertas tersebut diprint / dicetak dengan printer Inkjet, dan memiliki texture dengan daya rekat tinggi.

    Vinyl
    Kertas yang terbuat dari bahan vinyl / sebuah plastik lentur dengan texture yang lembut, tahan lama dan tahan terhadap air bahkan cuaca. Jenis vinyl tidak bisa diprint menggunakan printer Ink jet biasa, tetapi menggunakan laserjet print. Biasanya digunakan untuk sticker outdoor.

    Chromo
    Kertas stiker memiliki permukaan yang licin sehingga sangat bagus digunakan untuk cetak separasi. Selain itu daya rekat stiker chromo juga sangat bagus sehingga bisa digunakan sebagai label kemasan, stiker pilkada dan stiker promosi.

    Itulah jenis kertas yang sering dugunakan dalam dunia percetakan, semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih ♥
     

    Attached Files:



  2. Fachri

    Fachri New Member

    Joined:
    Sep 12, 2017
    Messages:
    25
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Location:
    Jakarta Selatan
    tambahan untuk kertas art paper dan art carton juga terkadang menyediakan dua tekstur, glossy dan doff. terkadang ada juga percetakan yang menggunakan kertas sejenis photo paper juga.
     
  3. YOYO

    YOYO New Member

    Joined:
    Sep 23, 2017
    Messages:
    332
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    wahh sipp mas,
    terimakasih sudah diberi tambahan yang benar :)
     
  4. bimo

    bimo New Member

    Joined:
    Mar 14, 2018
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Pegawai swasta
    Location:
    Tangerang Selatan
  5. YOYO

    YOYO New Member

    Joined:
    Sep 23, 2017
    Messages:
    332
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    bisa juga kok kak :) cuman disini saya input yang paling sering digunakan saja . eheheh
    next post akan saya review ulang sedetail nya. makasih kak :)
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page