Benarkah Tomat Bisa Turunkan Kolesterol Jahat? Simak Ulasan Singkatnya Ini

Discussion in 'Health & Beauty' started by channel bunda, Mar 22, 2019.

  1. channel bunda

    channel bunda New Member

    Joined:
    Dec 30, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kebanyakan orang menganggap bahwa buah-buahan maupun sayuran yang diolah terlalu sering akan berkurang nutrisi dan vitamin didalamnya dibandingkan yang masih segar tanpa diolah. Sebenarnya anggapan seperti ini tidak salah tapi juga tidak seluruhnya benar. Contohnya tomat, apabila kamu mengonsumsi tomat yang telah dimasak, bukannya tomat dalam kondisi mentah, maka kamu akan mendapatkan manfaat tomat yang lebih tinggi terutama dalam menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

    [​IMG]

    Berdasarkan fakta dalam sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa tomat yang dimasak memiliki zat likopene lebih besar sekaligus mudah diserap tubuh. Sekedar informasi saja, likopen merupakan antioksidan yang dpat meminimalisir jumlah kolesterol jahat secara efektif. Kemampuan ini dianggap selevel dengan obat penurun kolesterol bernama statin yang umumnya menjadi salah satu resep dokter.

    Selain itu, studi kasus terbaru menunjukkan kalau likopen dalam tomat yang sudah matang dimasak lebih ampuh untuk meminimalisir terkena stroke dibandingkan statin. Bahkan, zat ini turut pula dalam mencegah terjadinya resiko penyakit jantung, kanker, katarak dan berbagai keluhan kesehatan lainnya.

    Untuk pemanfaatan tomat, kamu bisa mencampurnya dengan buah lainnya yang juga sama memiliki kandungan likopen seperti semangka, pepaya, jambu beserta grapefruit. Jadi dengan mencampurnya, kamu akan mendapatkan manfaat ganda sehingga tubuh lebih sehat. Kamu bisa menyajikannya dalam bentuk jus, salad atau sup buah.

    Likopen sendiri bisa juga ditemukan dalam suplemen khusus namun tentu kualitasnya akan beda dan lebih baik dari real food langsung seperti dari buah atau sayuran. Kemungkinan juga suplemen likopen juga memberi efek tidak baik bagi tubuh.

    Untuk mendapatkan tomat sekarang ini sangatlah mudah. Kamu bisa menemuinya dimana saja baik di pasar lokal maupun supermarket. Pilihlah yang masih segar dan jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu supaya sisa pestisida hilang.

    Selain likopen, ternyata terdapat kandungan tinggi lainnya seperti vitamin A, B6, C serta thiamine. Dari kandungan-kandungan tersebut sudah terlihat jelas kalau manfaat tomat sudah tak diragukan lagi. Jadi mulai sekarang konsumsi tomat demi kesehatan tubuh kamu.
     


Loading...

loading...

Loading...

Tags:

Share This Page